Semoga blog ini bisa bermanfaat--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..Jangan lupa comment dan join this site ya.....!!!!!!

Rabu, 18 Januari 2012

materi akuntansi jurnal umum


1.      Pengertian Jurnal
Jurnal adalah alat untuk mencatat transaksi perusahaan yang dilakukan secara kronologis (berdasarkan urut waktu terjadinya) dengan menunjukkan akun yang harus dicatat di sebelah debet dan akun yang harus dicatat di sebelah kredit, jumlah rupiahhnya masing-masing beserta penjelasannya. Setiap transaksi yang terjadi dalam perusahaan, sebelum dibukukan ke Buku Besar harus dicatat dahulu dalam Jurnal.
2.     Bentuk Jurnal
Dalam praktek akuntansi dikenal berbagai bentuk jurnal mulai dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Bentuk-bentuk jurnal yang lebih komplek akan dibahas kemudian, sedangkan pada bab ini lebih diperkenalkan bentuk jurnal yang paling sederhana, yang sering disebut jurnal dua kolom. Sebenarnya kolom yang terdapat dalam jurnal lebih dari dua buah, tetapi kolom yang tersedia untuk mencatat jumlah rupiahnya hanya dua, yaitu satu kolom untuk mencatat jumlah rupiah yang di debet dan kolom lain untuk mencatat jumlah rupiah yang di kredit.

Contoh bentuk jurnal sebagai berikut :
NAMA PERUSAHAAN
JURNAL UMUM
BULAN :…………………………………
Hal:…
Tanggal
No.Bukti
Akun & Penjelasan
Ref
Debet
Kredit













Keterangan :
1.      Kolom tanggal digunakan untuk mencatat tahun, bulan dan tanggal terjadinya transaksi
2.      Kolom nomor bukti digunakan untuk mencatat nomor bukti transaksi
3.      Kolom akun dan penjelasan untuk mencatat nama akun yang di debet dan mana akun yang dikredit, disertai penjelasan singkat mengenai transaksi
4.      Kolom Ref (referensi) digunakan untuk mencatat nomor kode akun ketika ayat jurnal telah dipindahkan kea kun buku besar. Sebelum dilakukan pemindahan, kolom ref tetap dalam kedaan kosong
5.      Kolom debet dan kolom kredit digunakan untuk mencatat jumlah uang transaksi tersebut
6.      Setiap halaman jurnal diberi nomor halaman yang digunakan untuk referensi pada akun buku besar
Nama akun dalam jurnal
Semua transaksi yang terjadi dicatat dalam jurnal dengan menuliskan nama akun yang didebet dan nama akun yang dikredit sesuai dengan peraturan pendebetan dan pebgkreditan. Nama akun yang digunakan dalam menjurnal harus sama dengan nama akun yang digunakan di dalam buku besar.

3.  Fungsi Jurnal
Jurnal mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.      Fungsi Historis
Jurnal mencatat semua transaksi menurut urutan terjadinya (kronologis)
2.      Fungsi Mencatat
Jurnal mencatat setiap transaksi. Tidak boleh suatu transaksi tidak dicatat. Jurnal menentukan kea kun mana dan dengan jumlah berapa suatu transaksi dicatat.
3.      Fungsi Analisis
Untuk menentukan nama akun, jumlah uang yang dicatat dan di sisi mana (debet atau kredit) pencatatan dilakukan, bukti transaksi terlebih dahulu dianalisis. Hasil analisa itulah yang dicatat pada jurnal.
4.      Fungsi Instruktif
Jurnal merupakan suatu perintah atau instruksi. Akun diisi sesuai apa yang tercatat pada jurnal. Jika instruksi jurnal tidak diikuti maka pengisian akun akan salah.
5.      Fungsi Informatif
Jurnal menyajikan tanggal, nama akun, keterangan singkat mengenai transaksi dan jumlah uang yang terlibat dalam suatu transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar