Permintaan
& Penawaran
1. Permintaan
dan kurva permintaan
A. Permintaan
(Demand)
Permintaan menunjukkan jumlah barang maupun jasa yang
diinginkan dan mampu dibeli konsumen pada berbagai tingkat harga selama jangka
waktu tertentu dan hal lain dianggap konstant (cateris paribus).
B. Kurva
permintaan
P
D
Q
Keterangan: Kurva
permintaan melereng dari kiri atas ke kanan bawah.
2. Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan, antara lain:
a. Harga
barang dan jasa
b. Tingkat
pendapatan konsumen
c. Selera
konsumen
d. Perkiraan
harga mendatang
e. Intensitas
kebutuhan
f. Harga
barang lain yg berkaitan (substitusi dan komplementer)
g. Pertambahan
jumlah penduduk
·
Macam-macam permintaan:
a. Menurut
Daya Beli:
1. Permintaan
Efektif: permintaan konsumen terhadap suatu barang dan jasa yang disertai daya
beli dan melakukan transaksi.
2. Permintaan
Potensial: permintaan konsumen terhadap suatu barang dan jasa disertai daya
beli, tetapi konsumen masih mempertimbangkan transaksinya.
3. Permintaan
absolute: permintaan konsumen terhadap suatu abrang dan jasa yag tidak disertai
dengan daya beli.
b. Jumlah
Permintaannya:
1. Permintaan
Individu, yaitu permintaan yang datang dari seseorang untuk memenuhi kebutuhan
hidupnya. Ditentukan oleh:
a. Harga
b. Pendapatan
c. Harga
barang lain yg berkaitan (Substitusi & Komplementer)
d. Selera/Ekspektasi
2. Permintaan
Kolektif, permintaan yang datang dari sekelompok orang atau masyarakat pada
saat yang bersamaan.
Contoh: Di pasar terdapat tiga
konsumen dengan permintaan masing-masing 30, 20 dan 70 unit, maka permintaan
pasar adalah sebanyak 120 unit.
- Pengertian
penawaran dan kurva penawaran
A. Penawaran
(Supply)
ialah, sejumlah barang
atau jasa yg ditawarkan oleh penjual pada berbagai tingkat harga dan dalam
waktu tertentu.
B. Kurva
penawaran
P
S
Q
- Faktor yang
mempengaruhi penawaran
c. Harga
barang dan jasa
d. Teknik
produksi
e. Persediaan
sumber produksi
f. Biaya
produksi
g. Munculnya
produsen lain
h. Perkiraan
harga mendatang
i.
Adanya tujuan tertentu
Golongan
pembeli dan penjual:
a. Macam-macam
pembeli
1) Pembeli
suprmarginal adalah pembeli yang tefsiran harganya lebih tinggi dari harga
pasar, sehingga memperoleh keuntungan berupa premi konsumen.
2) Pembeli
marginal adalah pembeli yang tafsiran harganya sama besar dengan harga pasar.
3) Pembeli
supermarginal adalah pembeli yang tafsiran harganya lebih rendah dari harga
pasar, sehingga tidak jadi membeli barang.
b. Macam-macam
penjual
1) Penjual
supermarginal adalah penjual yang biaya produksinya di bawah harga pasar, sehingga
mmperoleh keuntungan berupa premi produsen.
2) Penjual
marginal adalah penjual yang biaya produksinya sama dengan harga pasar.
3) Penjual
supermarginal adalah penjual yang biaya produksinya di atas harga pasar.
P
Keterangan:
S S = Supply
D
= Demand
E PK
= Premi Konsumen
PP
= Premi Produsen
E
=Equilibrium
D
0 Q
Tidak ada komentar:
Posting Komentar