Semoga blog ini bisa bermanfaat--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..Jangan lupa comment dan join this site ya.....!!!!!!

Minggu, 15 Januari 2012

materi ekonomi biaya peluang

Biaya Peluang
1.      Pengertian
a.       Biaya adalah segala sesuatu yang kita korbankan atau keluarkan untuk memperoleh sesuatu (dapat berkaitan dengan uang atau tidak).
b.      Biaya peluang adalah biaya- biaya yang dikorbankan karena mengambil sebuah pilihan yang dikonsumsi, sehingga mengorbankan kebutuhan lain yang tidak terpilih. Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang penting.

2.      Perbedaan biaya peluang dengan biaya sehari-hari :
1.      Biaya sehari-hari adalah pengorbanan yang harus dilakukan untuk melakukan suatu kegiatan tanpa memperhitungkan kerugian karena dikorbankannya kegiatan lain. Sedangkan biaya peluang adalah biaya yang muncul secara implisit karena kita melakukan suatu kegiatan dan mengorbankan kegiatan lain.
2.      Biaya sehari-hari muncul dari kegiatan yang kita lakukan, sedangkan biaya peluang muncul dari kegiatan lain yang tidak kita lakukan.
Contoh biaya peluang:
Rini adalah seorang pelajar SMA, Ia memiliki uang sebesar Rp50.000,00. Uang tersebut tidak mungkin cukup untuk membeli pulsa dan juga menonton konser, dalam hal ini Rini harus membuat pilihan. Apabila Ia lebih memilih untuk membeli pulsa, maka kesempatan menonton konser harus dikorbankan. Dengan demikian, opportunity costnya adalah biaya menonton konser.

3 komentar:

  1. thanks . . ini menambah pngetahuan sya. .

    BalasHapus
  2. Opportunity cost ini apa maksudnya min?

    BalasHapus
  3. Terima kasih banyak informasinya sangat membantu untuk belajar :)

    BalasHapus