SILABUS
Nama
Sekolah :
SMA NEGERI 1 XXX
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Program : X
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2011-2012
Alokasi Waktu : 10 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
1.
Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1
Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
|
Kebutuhan manusia
·
pengertian kebutuhan
·
bermacam-macam kebutuhan manusia
·
faktor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan manusia
·
bermacam-macam benda pemuas kebutuhan
|
TATAP MUKA :
· Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan
manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mengidentifikasi
bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
· Mendiskusikan
kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
· Mengklasifikasikan
jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi kebutuhan manusia
· Mengidentifikasi bermacam-macam
benda pemuas kebutuhan
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan soal
latihan yang diberikan oleh guru
PENUGASAN MANDIRI :
·
Membaca materi berikutnya untuk pertemuan
selanjutnya, yaitu mengenai kelangkaan.
|
·
Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
·
Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
·
Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi
kebutuhan manusia
·
Mengidentifikasi bermacam-macam benda pemuas
kebutuhan
|
Penilaian Proses, dengan tes lisan dan
kerjasama dalam kelompok
Soal
dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi
yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
Berbagai
sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·
pengertian kelangkaan
·
faktor penyebab kelangkaan
·
pengalokasian sumber daya ekonomi
|
TATAP MUKA :
·
Menggali
informasi tentang kelangkaan.
·
Mendiskusikan
faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·
Mengidentifikasi
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
·
Bersikap
rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mencari materi di internet
mengenai kelangkaan dan memberikan contoh mengenai kelangkaan yang terjadi di
Indonesia.
PENUGASAN
MANDIRI :
·
Menganalisis kelangkaan yang terjadi di Indonesia,
kemudian memberikan tanggapan dan solusi mengenai masalah tersebut.
|
·
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
·
Mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kelangkaan
·
Mengidentifikasi pengalokasian sumber
daya yang mendatang manfaat bagi rakyat banyak
|
Penilaian Proses, dengan hasil kerjasama dalam kelompok.
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
1.3 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang
apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
|
Masalah pokok ekonomi.
·
Barang apa yang diproduksi
dampn berapa jumlahnya.
·
Bagaimana cara
memproduksinya.
·
Untuk siapa barang
diproduksi.
·
Masalah ekonomi di negara
berkembang.
·
Masalah ekonomi yang dihadapi
negara maju.
|
TATAP MUKA :
· Mengidentifikasi
barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang
diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan soal yang
diberikan oleh guru.
PENUGASAN MANDIRI :
·
Membaca materi selanjutnya, yaitu mengenai sistem
ekonomi.
|
·
Mengidentifikasi barang apa, bagaimana
cara memproduksi, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi
|
Penilaian Proses, melalui kerjasama kelompok
Soal kuis dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
1.4
Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada
tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
Biaya peluang.
·
Pengertian biaya peluang.
·
Contoh biaya peluang pada
kesempatan kerja.
|
TATAP MUKA :
· Mengkaji
referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
· Mendiskusikan
contoh biaya peluang pada kesempatan
kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Membuat contoh dan
menanggapi mengenai biaya peluang sesuai dengan keadaan nyata pada kehidupan
sehari-hari.
PENUGASAN
MANDIRI :
·
Menganalisis mengenai biaya peluang yang terjadi
selama satu minggu.
|
·
Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
·
Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan
produksi dibidang lain
|
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
|
Sistem ekonomi.
·
Pengertian sistem ekonomi
·
Macam-macam sistem ekonomi
·
Kebaikan dan kelemahan sistem
ekonomi
·
Cara memecahkan masalah
ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut
|
TATAP MUKA :
· Mengkaji
referensi tentang sistem ekonomi
· Mengidentifikasi
sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan
· Mendiskusikan
contoh biaya peluang pada kesempatan
kerja bila melakukan produksi di bidang lain
.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan
soal-soal LKS pegangan guru
KEGIATAN MANDIRI:
·
Menganalisis dan
menanggapi mengenai sistem ekonomi yang digunakan di indonesia.
|
·
Mendeskripsikan pengertian sistem
ekonomi
·
Mengidentifikasi sistem ekonomi dan
cara memecahkan masalah
|
Penilaian proses dengan kuis dan atau tugas.
Penilaian akhir
tes tertulis dengan bentuk uraian
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
SMA NEGERI 1 XXXX
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Program : X
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2011-2012
Alokasi Waktu : 9 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan
ekonomi konsumen dan produsen
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
2.1
Mendeskripsikan
pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
|
§ Mendeskripsikan
manfaat dan nilai suatu barang.
§ Mendeskripsikan
perilaku konsumen dan produsen
§ Mendeskripsikan
teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
§ Mendeskripsikan
teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
|
TATAP MUKA
·
Membahas manfaat dan nilai
suatu barang
·
Mendeskripsikan perilaku
konsumen dan produsen melalui studi pustaka
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan
soal-soal LKS pegangan guru.
KEGIATAN MANDIRI :
·
Membaca materi
berikutnya untuk pertemuan selanjutnya, yaitu mengenai Circular Flow Diagram
|
·
Mendeskripsikan manfaat dan nilai
suatu barang.
·
Mendeskripsikan perilaku konsumen dan
produsen
·
Mendeskripsikan teori perilaku
konsumen (tabel dan grafik)
·
Mendeskripsikan teori perilaku
produsen (tabel dan grafik)
|
Penilaian Proses, melalui keikut sertaannya dalam mengikuti
pembelajaran dan menjawab soal serta perintah dari guru,
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
3 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
|
Arus lingkaran kegiatan ekonomi
·
diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
· manfaat interaksi pelaku ekonomi
|
TATAP MUKA
·
Membuat model diagram
interaksi pelaku ekonomi (Circulair
Flow Diagram).
·
Mengkaji referensi untuk
mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil
kebijakan ekonomi.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan soal
mengenai circular flow diagram yang
diberikan oleh guru.
KEGIATAN MANDIRI:
·
Membaca materi
berikutnya untuk pertemuan selanjutnya, yaitu mengenai peran pelaku kegiatan
ekonomi.
|
·
Membuat model diagram interaksi pelaku
ekonomi (Circulair Flow Diagram)
·
Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi
pelaku ekonomi.
|
Penilaian Proses, melalui kerja samanya dalam kelompok
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
3 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan
produsen
|
·
Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi
(rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).
·
Memberi contoh peran pelaku ekonomi di
masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar
negeri).
|
TATAP MUKA
·
Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan
masyarakat luar negeri) melalui diskusi
kelompok
·
Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan,
pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan
soal-soal LKS pegangan guru.
KEGIATAN MANDIRI:
·
Menganalisis dan
memberi contoh peran pelaku kegiatan ekonomi di kehidupan sehari-hari
|
·
Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi
(rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
·
Memberi contoh peran pelaku ekonomi di
masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
|
Penilaian proses melalui kerjasamanya dalam kelompok
Penilaian akhir
tes tertulis dengan bentuk uraian
|
3 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
SILABUS
Nama
Sekolah :
SMA NEGERI 1 XXXX
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Program : X
Semester : 1
Tahun Pelajaran : 2011-2012
Alokasi Waktu : 13 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan
permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
Permintaan
dan Penawaran
·
pengertian
permintaan dan kurva permintaan.
·
faktor
yang mempengaruhi permintaan.
·
pengertian
penawaran dan kurva penawaran
·
faktor
yang mempengaruhi penawaran
|
TATAP MUKA
· Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).
· Menggambar
kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur
menjelang hari raya).
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan
soal-soal LKS pegangan guru
KEGIATAN MANDIRI:
·
Membaca materi
mengenai permintaan dan penawaran, dan dikaitkan dengan hukum penawaran.
|
·
Mendeskripsikan pengertian permintaan
dan penawaran
·
Mendeskripsikan faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan dan penawaran
·
Menggambar kurva permintaan dan
penawaran.
|
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
·
Soal dengan bentuk uraian dan
pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
3.2
Menjelaskan
hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
|
Hukum
permintaan dan hukum penawaran
|
TATAP MUKA
· Menemukan
hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian
referensi.
·
Menunjukan penerapan hukum permintaan dan
penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk
pontianak).
·
Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui
pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan soal
telah disediakan oleh guru.
KEGIATAN MANDIRI:
·
Membaca materi
pembelajaran untuk materi harga
keseimbangan dan mencoba membuat rangkuman
|
·
Mendeskripsikan hukum permintaan dan
hukum penawaran serta asumsi-asumsinya.
·
Memberikan contoh penerapan hukum
permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
|
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
3.3
Mendeskripsikan
pengertian harga dan jumlah keseimbangan
|
Harga Keseimbangan
· fungsi
permintaan dan penawaran.
· kurva
permintaan dan penawaran.
· pengertian
elastisitas dan macam-macamnya.
· menentukan
elastisitas permintaan dan penawaran
· pengertian
harga dan output keseimbangan
· menentukan
harga dan output keseimbangan
· pergeseran
titik keseimbangan
· peran
pemerintah dalam pembentukan harga
|
TATAP MUKA
· Menemukan fungsi
permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran
terhadap barang (misal jeruk pontianak).
· Mengkaji
referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas
(misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).
·
Memberi contoh
proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu
transaksi jual beli.
· Menghitung
elastisitas permintaan dan penawaran
dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
· Menentukan
elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
· Menentukan harga
dan output keseimbangan dengan
menggunakan tabel, dan grafik
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Mengerjakan
soal-soal LKS pegangan guru.
KEGIATAN MANDIRI:
·
Mengamati
beberapa barang yang dijual di pasar, kemudian menganalisis dan menentukan
jenis elastisitasnya dengan mencari koefisien alstisitasnya
|
·
Mendeskripsikan proses terbentuknya
harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
·
Mendeskripsikan pengertian elastisitas
dan macam-macam elastisitas.
·
Menghitung elastisitas permintaan dan
penawaran dengan menggunakan table, grafik, dan matematis.
·
Mendeskripsikan proses terbentuknya
harga dan output keseimbangan dan
menggambar grafiknya.
·
Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan
|
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
5 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
3.4
Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar barang
|
Pasar
Barang
·
pengertian
pasar barang
·
bentuk-bentuk pasar barang (pasar output)
|
TATAP MUKA
TATAP MUKA
·
Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi
· Menggambar
kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur
menjelang hari raya).
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Pekerjaan
Rumah : Mengerjakan soal – soal dari buku utama di setiap akhir pembelajaran
(2 x 45’)
KEGIATAN MANDIRI :
Membaca materi pembelajaran untuk materi pasar input. dan mencoba membuat rangkuman
|
·
Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan
pasar persaingan tidak sempurna).
|
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
3.5
Mendeskripsikan
pasar input
|
Pasar
input
|
TATAP MUKA
·
Mendeskripsikan Merumuskan pasar input
melalui kajian referensi
·
Mencari berbagai bentuk pasar melalui
studi lapangan.
PENUGASAN
TERSTRUKTUR :
·
Pekerjaan
Rumah : Mengerjakan soal – soal dari buku utama di setiap akhir pembelajaran
(2 x 45’)
KEGIATAN MANDIRI :
Membaca materi pembelajaran untuk materi yang sudah di ajarkan yaitu tentang pasar
input serta membaca materi selanjutnya yaitu tentang kebijakan pemerintah di
bidang ekonomi
|
·
Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
input
|
Penilaian proses dengan kuis dan atau tugas.
Penilaian akhir
tes tertulis dengan bentuk uraian
|
2 x 45 menit
|
Utama:
·
Setiyanto, Pribadi, dkk.
2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·
Nurcahyaningtyas. 2007.
Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·
LKS Simpati SMA Kelas X
Semester 1
Pendukung:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar