Semoga blog ini bisa bermanfaat--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..Jangan lupa comment dan join this site ya.....!!!!!!

Jumat, 20 Januari 2012

silabus mata pelajaran ekonomi kls X


SILABUS
Nama Sekolah           : SMA NEGERI 1 XXX
Mata Pelajaran          : EKONOMI
Kelas/Program          : X
Semester                     : 1
Tahun Pelajaran       : 2011-2012
Alokasi Waktu           : 10 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
1.      Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
 PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1   Mengidentifikasi kebutuhan manusia
Kebutuhan manusia
·         pengertian kebutuhan
·         bermacam-macam kebutuhan manusia
·         faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
·         bermacam-macam benda pemuas kebutuhan
TATAP MUKA :
·   Mencari informasi tentang  pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·   Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·   Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
·   Mengidentifikasi bermacam-macam benda pemuas kebutuhan

PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru
PENUGASAN MANDIRI :
·         Membaca materi berikutnya untuk pertemuan selanjutnya, yaitu mengenai kelangkaan.

·         Mendeskripsikan pengertian kebutuhan
·         Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia
·         Mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia
·         Mengidentifikasi bermacam-macam benda pemuas kebutuhan
Penilaian Proses, dengan tes lisan dan kerjasama dalam kelompok
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:

1.2    Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas

Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·         pengertian kelangkaan
·         faktor penyebab kelangkaan
·         pengalokasian sumber daya ekonomi
TATAP MUKA :
·   Menggali informasi tentang kelangkaan.
·   Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya.
·   Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.



PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·      Mencari materi di internet mengenai kelangkaan dan memberikan contoh mengenai kelangkaan yang terjadi di Indonesia.
PENUGASAN  MANDIRI :
·     Menganalisis kelangkaan yang terjadi di Indonesia, kemudian memberikan tanggapan dan solusi mengenai masalah tersebut.

·         Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
·         Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
·         Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatang manfaat bagi rakyat banyak
Penilaian Proses, dengan hasil kerjasama dalam kelompok.

Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1



Pendukung:

1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
Masalah pokok ekonomi.
·         Barang apa yang diproduksi dampn berapa jumlahnya.
·         Bagaimana cara memproduksinya.
·         Untuk siapa barang diproduksi.
·         Masalah ekonomi di negara berkembang.
·         Masalah ekonomi yang dihadapi negara maju.
TATAP MUKA :
·   Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal yang diberikan oleh guru.
PENUGASAN MANDIRI :
·         Membaca materi selanjutnya, yaitu mengenai sistem ekonomi.

·         Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa barang tersebut diproduksi
Penilaian Proses, melalui kerjasama kelompok

Soal kuis dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:
1.4   Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain

Biaya peluang.
·         Pengertian biaya peluang.
·         Contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
TATAP MUKA :
·   Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
·   Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Membuat contoh dan menanggapi mengenai biaya peluang sesuai dengan keadaan nyata pada kehidupan sehari-hari.
PENUGASAN  MANDIRI :
·         Menganalisis mengenai biaya peluang yang terjadi selama satu minggu.
·         Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
·         Menunjukkan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi dibidang lain
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:


1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
Sistem ekonomi.
·         Pengertian sistem ekonomi
·         Macam-macam sistem ekonomi
·         Kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi
·         Cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut
TATAP MUKA :
·   Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi
·   Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan
·   Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain
.
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal-soal LKS pegangan guru
KEGIATAN  MANDIRI:
·         Menganalisis dan menanggapi mengenai sistem ekonomi yang digunakan di indonesia.
·         Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
·         Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah
Penilaian proses dengan kuis dan atau tugas.
Penilaian akhir tes tertulis dengan bentuk uraian
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1


Pendukung:



SILABUS

Nama Sekolah           : SMA NEGERI 1 XXXX
Mata Pelajaran          : EKONOMI
Kelas/Program          : X
Semester                     : 1
Tahun Pelajaran       : 2011-2012
Alokasi Waktu           : 9 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
2.      Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
2.1     Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi
§  Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
§  Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
§  Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
§  Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)

TATAP MUKA
·         Membahas manfaat dan nilai suatu barang
·         Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal-soal LKS pegangan guru.
KEGIATAN  MANDIRI :
·         Membaca materi berikutnya untuk pertemuan selanjutnya, yaitu mengenai Circular Flow Diagram
·         Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
·         Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
·         Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
·         Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
Penilaian Proses, melalui keikut sertaannya dalam mengikuti pembelajaran dan menjawab soal serta perintah dari guru,

Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
3 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:

2.2     Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram
Arus lingkaran kegiatan ekonomi
·      diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
·     manfaat interaksi pelaku ekonomi
TATAP MUKA
·         Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi  (Circulair Flow Diagram).
·         Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.

PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal mengenai circular flow diagram yang  diberikan oleh guru.

KEGIATAN  MANDIRI:
·         Membaca materi berikutnya untuk pertemuan selanjutnya, yaitu mengenai peran pelaku kegiatan ekonomi.
·         Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
·         Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi.

Penilaian Proses, melalui kerja samanya dalam kelompok

Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
3 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:
2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
·         Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).
·         Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luar negeri).
TATAP MUKA
·         Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi  (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi kelompok
·         Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi  di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal-soal LKS pegangan guru.
KEGIATAN  MANDIRI:
·         Menganalisis dan memberi contoh peran pelaku kegiatan ekonomi di kehidupan sehari-hari
·         Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
·         Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
Penilaian proses melalui kerjasamanya dalam kelompok
Penilaian akhir tes tertulis dengan bentuk uraian
3 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1
Pendukung:
SILABUS

Nama Sekolah           : SMA NEGERI 1 XXXX
Mata Pelajaran          : EKONOMI
Kelas/Program          : X
Semester                     : 1
Tahun Pelajaran       : 2011-2012
Alokasi Waktu           : 13 x 45 menit
STANDAR KOMPETENSI:
3.      Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
Permintaan dan Penawaran
·         pengertian permintaan dan kurva permintaan.
·         faktor yang mempengaruhi permintaan.
·         pengertian penawaran dan kurva penawaran
·         faktor yang mempengaruhi  penawaran
TATAP MUKA
·   Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya).
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).



PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal-soal LKS pegangan guru

 KEGIATAN  MANDIRI:
·         Membaca materi mengenai permintaan dan penawaran, dan dikaitkan dengan hukum penawaran.
·         Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran
·         Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
·         Menggambar kurva permintaan dan penawaran.
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
·         Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:



3.2   Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya
Hukum permintaan dan hukum penawaran
TATAP MUKA
·   Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
·      Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak).
·      Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).

PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal telah disediakan oleh guru.

KEGIATAN  MANDIRI:
·         Membaca materi pembelajaran untuk materi harga keseimbangan dan mencoba membuat rangkuman

·         Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya.
·         Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:

3.3   Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan
Harga Keseimbangan
·     fungsi permintaan dan penawaran.
·     kurva permintaan dan penawaran.

·     pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
·     menentukan elastisitas permintaan dan penawaran

·     pengertian harga  dan output keseimbangan
·     menentukan harga  dan output keseimbangan
·     pergeseran titik keseimbangan
·     peran pemerintah dalam pembentukan harga

TATAP MUKA
·      Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).

·      Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ).

·         Memberi contoh  proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
·      Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
·      Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
·      Menentukan harga dan output keseimbangan dengan  menggunakan tabel, dan grafik
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Mengerjakan soal-soal LKS pegangan guru.

KEGIATAN  MANDIRI:
·         Mengamati beberapa barang yang dijual di pasar, kemudian menganalisis dan menentukan jenis elastisitasnya dengan mencari koefisien alstisitasnya
·         Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan.
·         Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas.
·         Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan table, grafik, dan matematis.
·         Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambar grafiknya.
·         Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
5 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:

3.4   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
Pasar Barang
·         pengertian pasar barang
·         bentuk-bentuk  pasar barang (pasar output)
TATAP MUKA
TATAP MUKA
·     Mendeskripsikan pengertian dan  bentuk pasar barang  melalui kajian referensi
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).

PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Pekerjaan Rumah : Mengerjakan soal – soal dari buku utama di setiap akhir pembelajaran (2 x 45’)

KEGIATAN  MANDIRI :
Membaca materi pembelajaran untuk materi pasar input. dan mencoba membuat rangkuman
·         Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).
Penilaian Proses, dengan kuis dan atau lisan
Soal dengan bentuk uraian dan pemberian tugas
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:


3.5   Mendeskripsikan pasar input
Pasar input
TATAP MUKA
·         Mendeskripsikan Merumuskan pasar input melalui kajian referensi
·         Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan.
PENUGASAN TERSTRUKTUR :
·         Pekerjaan Rumah : Mengerjakan soal – soal dari buku utama di setiap akhir pembelajaran (2 x 45’)

KEGIATAN  MANDIRI :
Membaca materi pembelajaran untuk materi yang sudah di ajarkan yaitu tentang pasar input serta membaca materi selanjutnya yaitu tentang kebijakan pemerintah di bidang ekonomi
·         Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input
Penilaian proses dengan kuis dan atau tugas.
Penilaian akhir tes tertulis dengan bentuk uraian
2 x 45 menit
Utama:
·         Setiyanto, Pribadi, dkk. 2007. Buku Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X. Klaten : Intan Pariwara
·         Nurcahyaningtyas. 2007. Buku Ekonomi untuk Kelas X SMA/MA. Klaten : Cempaka Putih
·         LKS Simpati SMA Kelas X Semester 1

Pendukung:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar