Semoga blog ini bisa bermanfaat--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..--..Jangan lupa comment dan join this site ya.....!!!!!!

Sabtu, 11 Februari 2012

Model Kooperatif tipe Group Investigation (GI)


Berbeda dengan STAD dan Jigsaw, pada model investigasi kelompok ini siswa dilibatkan dalam perencanaan baik topik yang dipelajari maupun bagaimana jalannya penyelidikan mereka. Investigasi kelompok merupakan model pembelajaran kooperatif yang paling kompleks dan paling sulit untuk diterapkan. Model pembelajaran ini memerlukan cara yang mengajarkan siswa keterampilan komunikasi dan proses kelompok yang baik, serta norma dan struktur kelas yang lebih rumit.
            Menurut Slavin (2009 :218-219), dalam group investigation, para murid bekerja melalui enam tahap.
1)      Mengidentifikasikan topik dan mengatur murid ke dalam kelompok.
2)      Merencanakan tugas yang akan dipelajari.
3)      Melaksanakan investigasi.
4)      Menyiapkan laporan akhir.
5)      Mempresentasikan laporan akhir.
6)      Evaluasi.
            Jadi investigasi kelompok adalah proses penyelidikan yang dilakukan oleh kelompok yang terdiri dari beberapa orang, dan selanjutnya kelompok tersebut mengkomunikasikan hasil perolehan anggotanya, dapat membandingkannya dengan perolehan orang atau kelompok lain, karena dalam suatu investigasi dapat diperoleh satu atau lebih hasil. Dalam kegiatan di kelas yang mengembangkan diskusi kelas berbagai kemungkinan jawaban itu berimplikasi pada berbagai alternative jawaban dan argumentasi berdasar pengalaman siswa. Akibatnya di antaranya ialah jawaban siswa tidak selalu tepat benar atau bahkan salah karena prakonsepsi yang mendasari pemikiran siswa tidak benar. Namun dari kesalahan jawaban siswa tersebut, dengan adanya komunikasi yang dikembangkan dapat memberikan arah kesadaran siswa akan kesalahan mereka, khususnya dimana terjadi sumber kesalahan tersebut. Mereka akan belajar dari kesalahan sendiri dengan bertanya, mengapa orang lain memperoleh jawaban yang berbeda dengan jawabannya. Dengan sikap keterbukaan yang memang harus dikembangkan dalam sikap invetigatif tersebut, siswa belajar bukan hanya mencari kebenaran atas jawaban permasalahan itu, tetapi juga mencari jalan kebenaran menggunakan akal sehat dan aktivitas mental mereka sendiri. Dengan demikian akan dapat dibiasakan untuk mengembangkan rasa ingin tahu. Hal ini akan dapat membuat siswa lebih aktif berpikir dan mencetuskan ide-ide atau gagasan-gagasan positif dalam mencari jalan keluar dari permasalahan. Selanjutnya, guru bukan hakim yang memutuskan kebenaran yang tertanam di benak siswa, tetapi guru lebih berperan sebagai dokter yang membantu proses kelahiran ide tersebut.
            Diterapkannya investigasi kelompok dalam cooperative learning diharapkan dapat memotivasi siswa agar lebih percaya diri dan agar siswa mampu menolong satu sama lain untuk mengerjakan yang telah diberikan oleh guru. Jika siswa menginginkan kelompoknya mendapatkan penghargaan atau hadiah dari guru, mereka harus dapat bekerjasama dalam kelompok untuk menginvestigasi suatu permasalahan yang telah mereka pilih untuk diselidiki.

1 komentar:

  1. In this manner my pal Wesley Virgin's biography begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL video.

    As a matter of fact, Wesley was in the army-and soon after leaving-he discovered hidden, "mind control" secrets that the CIA and others used to obtain anything they want.

    These are the same SECRETS tons of famous people (notably those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and famous.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    That's because the majority of your BRAINPOWER is UNTAPPED.

    Perhaps this expression has even occurred IN YOUR very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head seven years back, while driving an unregistered, beat-up trash bucket of a car without a driver's license and with $3.20 on his debit card.

    "I'm so fed up with living paycheck to paycheck! When will I become successful?"

    You've taken part in those conversations, ain't it so?

    Your success story is waiting to start. Go and take a leap of faith in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus